Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

APLIKASI BOOSLEM PADA TANAMAN DURIAN

TB_PM_TM_MT_MK_BT copyDurian termasuk jenis tanaman buah tahunan. Tanaman durian akan berbuah setahun sekali . Produksi buah sangat tergantung dari manajemen pemupukan yang dilakukan. Pemupukan dilakukan secara rutin sesuai fase pertumbuhan tanaman. Setelah akhir masa panen, maka durian akan memasuki fase vegetatif awal yang fokus utamanya adalah pertumbuhan daun. Segera setelah buah dipanen lakukan pemangkasan (pruning). Pangkas tunas air, cabang-cabang yang berpenyakit, serta cabang yang tumbuhnya tegak. Lakukan pemupukan dengan pupuk organik (kompos) pupuk kimia (NPK) dan pupuk hayati (boosleman). Dosis pemupukan dapat dilihat pada tabel.

Dua bulan sebelum berbunga, kembali lakukan pemupukan untuk persiapan energi saat pembungaan dan pembuahan. Tambahkan Kalium lebih tinggi untuk mendukung buah. Cara aplikasi pupuk dilakukan dengan 3 cara, yang pertama pupuk kimia disebar merata dibawah kanopi tanaman. Dosisnya sebanyak 2/3 bagian jika musim kemarau. Sisanya diaplikasikan melalui lubang biopori. Sebaliknya jika musim hujan maka pembagian dosisnya dibalik (2/3 bagian di lubang biopori, 1/3 bagian disebar).

Aplikasi pupuk BOOSLEMan dilakukan dengan menyiramkan larutan boosleman di daerah perakaran. Dosis yang digunakan sebanyak 10 liter per tanaman. Aplikasinya dilakukan setiap 2 minggu sekali. Tujuan aplikasi boosleman adalah untuk meningkatkan efisiensi penyerapan pupuk kima, juga untuk pertahanan penyakit terutama Pythophthora. Tanaman yang diaplikasi boosleman secara rutin akan lebih kuat, pembentukan daun lebih sempurna dan tidak rontok saat setelah musim kemarau (biasanya memasuki masa berbuah). Dengan terjaganya kualitas dan kuantitas daun sebagai penghasil fotosisntat, maka tanaman akan menghasilkan buah yang berkualitas.

Tanaman durian membutuhkan asupan asam amino mulai menjelang pembungaan hingga pembesaran buah. Aplikasi asam amino juga akan meningkatkan kualitas buah durian yang dihasilkan. Dalam boosleman dihasilkan asam amino yang diperlukan tanaman durian. Untuk mencukupi kebutuhannya, maka dilakukan penambahan asam amino pada boosleman saat fase pembuahan. Shrimp Juice memiliki kandungan asam amino sangat baik untuk tanaman durian.

(BPPI)

booslem durian