Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Asam Humat (Humic Acid)



humic acid moleculeAsam Humat (Humic Acid) mulai banyak digunakan dalam pertanian karena efek positifnya dalam pertumbuhan tanaman dan budidaya tanaman.asam humat bukanlah pupuk yang mampu menyediakan nutrisi bagi tanaman, melainkan pelengkap pupuk. Keuntungan yang diperoleh dari penggunaan asam humat adalah :
1. Penambahan bahan organik pada tanah miskin bahan organik
2. Meningkatkan kesehatan dan vitalitas akar
3. Meningkatkan perkecambahan benih
4. Meningkatkan penyerapan nutrisi
5. Meningkatkan sintesis klorofil
6. Meningkatkan retensi pupuk (kemampuan tanah memegang dan melepaskan nutrisi)
7. Memacu aktivitas mikroba tanah
8. Tanaman yang lebih sehat dan hasil meningkat.

Bagaimana Asam Humat Meningkatkan Kualitas Tanah?
Ketika di aplikasikan ke tanah liat, asam humat membantu mengurangi kepadatan tanah, membantu penetrasi air dan udara sehingga pertumbuhan dan perkembangan daerah perakaran menjadi lebih baik. Ketika di aplikasikan ke tanah berpasir, asam humat meningkatkan kandungan bahan organik yang meningkatkan kapasitas retensi tanah dalam menjerap unsur hara.

Apa Peran Asam Humat terhadap Aktivitas Mikroorganisme Tanah?
Aktivitas mikroba yang menguntungkan sangat penting bagi keberlanjutan tanah dan pertumbuhan tanaman. Asam humat merupakan sumber karbon bagi mikroba yang menjadi sumber nutrisinya, yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan dan aktivitasnya dalam tanah. Mikroba berperan dalam siklus unsur hara dan pelarutan beberapa nutrisi seperti phosphat yang terikat oleh tanah. Mikroba juga berperan penting dalam kontinuitas pembentukan humus (humifikasi) dalam tanah.

Asam Humat dan Pemupukan
Asam humat merupakan bahan pelengkap pupuk, baik pupuk kimia maupun organik. Penggunaan asam humat secara rutin dapat membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia, sebagai akibat dari perbaikan kualitas tanah dan mikroba. Asam humat mampu mengikat nutrisi mikro (khelasi) sehingga menjadi lebih mudah diserap tanaman. Pada beberapa kondisi, penambahan pupuk kimia bisa dihilangkan sama sekali ketika tanah memiliki kandungan bahan organik yang cukup serta proses mikrobiologis berjalan dengan baik.

Bagaimana Asam Humat Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman?
Seperti dijelaskan diatas bahwa dengan meningkatnya kualitas tanah serta tingginya aktivitas mikrobiologis dalam tanah, maka pertumbuhan tanaman juga akan semakin baik. Tanaman menjadi lebih sehat . pertumbuhan tanaman juga meningkat akibat kemampuan tanaman dalam menyerap nutrisi serta memperoleh nutrisi lebih banyak yang disediakan tanah.

Referensi :

  • http://booslem.com/black-asmat/
    http://www.australianhumates.com/about/the-humates-story/
    http://www.organicagro.net/organic-humic-acid-powder-1647241.html

One thought on “Asam Humat (Humic Acid)

  1. Galih Wahyudi

    salam knal saya galih petani dari yogya , saya mw tanya bgmna cara menguji kadar asam humat ?? saya dulu pernah beli asam humat di kemasan yg tertera 90% humic acid , tapi saya ragu setelah saya coba campur dgn air dan saya aduk tp sth beberapa jam warna hitam mengendap . apakah sifat asam humat memang bgitu atau gmana ?? mohon penjelasanya , trimakasih .

Leave a Reply

Your email address will not be published.