Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Booslem

Booslem

BOOSLEM adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai bio reaktor yang digunakan untuk mengembangbiakkan dan melipatgandakan populasi mikroba aerob, dengan biaya produksi yang sangat murah.

“BOOSLEM bekerja tanpa bantuan pompa air untuk menghasilkan sistem vortex atau pusaran, melainkan murni menggunakan pompa oksigen atau aerator”.

Prinsip kerja :

Putaran air sebagai pengadukan, pencampuran, ekstraksi bahan, dan peningkatan oksigen terlarut. ditambah dengan bahan nutrisi mikroba yang baik, akan meningkatkan aktivitas dan populasi mikroba, juga menghasilkan sekresi mikrobiologis berupa hormon, enzim, nutrisi, dan lain sebagainya. proses berlangsung secara biodinamis.

Manfaat :

1. Memperbaiki kerusakan tanah dan meningkatkan kesuburan tanah.

2. Menghemat penggunaan pupuk berbasis mikroba.

3. Membuat nutrisi organoponic dan POC (pupuk organik cair).

4. Meningkatkan efisiensi pupuk kimia.

5. Membuat insektisida dan fungisida hayati.

6. Membuat starter/aktivator kompos.

standar alat : untuk kapasitas 20 liter, bisa gunakan ember/galon bekas, pipa boleh 2 atau 4, aerator bisa gunakan yg kapasitas 5 watt (3,5 Liter/menit). Aerator standar untuk 20 liter adalah 18 watt. jumlah aerator sesuaikan dengan jumlah pipa. Cara membuatnya bisa dilihat di CARA MEMBUAT BOOSLEM 20LT atau CARA MEMBUAT BOOSLEM 60LT.

Caranya adalah : masukkan isolat mikroba sasaran kedalam booslem, lalu putar/nyalakan aerator selama kurang lebih 24 jam. setelah 24 jam, masukkan bahan nutrisi booslem (Zeomite, Shrimp Juice), lanjutkan proses hingga 48 jam (penghitungan waktu dari penambahan bahan nutrisi)

Setelah selesai, maka hasil boosleman bisa digunakan dalam bentuk larutan pekat atau diencerkan sampai dengan 1 banding 20. cara aplikasinya bisa disemprotkan ke tanaman atau disiramkan ke tanah, atau kombinasi keduanya.

Penyimpanan : jika yang kita harapkan adalah lelembutnya, maka hasil booslem sebaiknya diaplikasikan pada hari itu juga (8 jam setelah selesai booslem), atau kalau ada halangan, bisa disimpan maksimal 3 hari, atau diputar lagi dengan menambahkan molase. tetapi, jika yang kita harapkan bukan lelembutnya (nutrisi, enzim, ekstrak kompos, POC) maka hasil boosleman bisa disimpan.

Info lengkap mengenai Booslem kunjungi Booslem.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.