Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Booslem V3



Singkatan dari Booster Lelembut (istilah di BPPI)

BOOSLEM adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai bio reaktor yang digunakan untuk mengembangbiakkan dan melipatgandakan populasi mikroba aerob, dengan biaya produksi yang sangat murah.rocket boy

“BOOSLEM bekerja tanpa bantuan pompa air untuk menghasilkan sistem vortex atau pusaran, melainkan murni menggunakan pompa oksigen atau aerator”.

Prinsip kerja :

Putaran air sebagai pengadukan, pencampuran, ekstraksi bahan, dan peningkatan oksigen terlarut. ditambah dengan bahan nutrisi mikroba yang baik, akan meningkatkan aktivitas dan populasi mikroba, juga menghasilkan sekresi mikrobiologis berupa hormon, enzim, nutrisi, dan lain sebagainya. proses berlangsung secara biodinamis.

Manfaat :

1. Memperbaiki kerusakan tanah dan meningkatkan kesuburan tanah.

2. Menghemat penggunaan pupuk berbasis mikroba.

3. Membuat nutrisi organoponic dan POC (pupuk organik cair).

4. Meningkatkan efisiensi pupuk kimia.

5. Membuat insektisida dan fungisida hayati.

6. Membuat starter/aktivator kompos.

standar alat : untuk kapasitas 20 liter, bisa gunakan ember/galon bekas, pipa boleh 2 atau 4, aerator bisa gunakan yg kapasitas 5 watt (3,5 Liter/menit). Aerator standar untuk 20 liter adalah 18 watt. jumlah aerator sesuaikan dengan jumlah pipa. Cara membuatnya bisa dilihat di CARA MEMBUAT BOOSLEM 20LT atau CARA MEMBUAT BOOSLEM 60LT.

Caranya adalah : masukkan isolat mikroba sasaran kedalam booslem, lalu putar/nyalakan aerator selama kurang lebih 24 jam. setelah 24 jam, masukkan bahan nutrisi booslem (Zeomite, Shrimp Juice), lanjutkan proses hingga 48 jam (penghitungan waktu dari penambahan bahan nutrisi)

Setelah selesai, maka hasil boosleman bisa digunakan dalam bentuk larutan pekat atau diencerkan sampai dengan 1 banding 20. cara aplikasinya bisa disemprotkan ke tanaman atau disiramkan ke tanah, atau kombinasi keduanya.

Microbe bio reactor

Microbe bio reactor

Penyimpanan : jika yang kita harapkan adalah lelembutnya, maka hasil booslem sebaiknya diaplikasikan pada hari itu juga (8 jam setelah selesai booslem), atau kalau ada halangan, bisa disimpan maksimal 3 hari, atau diputar lagi dengan menambahkan molase. tetapi, jika yang kita harapkan bukan lelembutnya (nutrisi, enzim, ekstrak kompos, POC) maka hasil boosleman bisa disimpan.

brosur booslemQ : Apa itu BOOSLEM ?
A : BOOSLEM adalah alat yang berfungsi sebagai bio reaktor untuk mengembangbiakkan dan melipatgandakan populasi mikroba aerob.
Q : Bagaimanakah dia bekerja?
A : BOOSLEM bekerja dengan cara memasukkan oksigen kedalam larutan nutrisi dan mengaduk larutan sehingga dapat tercampur secara merata.
Q : Seefektif apakah kerja BOOSLEM terhadap perkembangan mikroba?
A :  Dengan menambahkan nutrisi yang tepat dan seimbang yang didukung oleh kandungan oksigen terlarut yang tinggi dan pengadukan yang sempurna maka mikroba akan membelah lebih cepat.
Q : Seberapa besar keuntungan menggunakan BOOSLEM?
A : Dengan banyaknya mikroba yang sangat aktif dalam larutan ( BOOSLEMan ) apabila diaplikasikan ke lahan pertanian maka semakin cepat pula proses penguraian bahan organik ( kompos ) yang terkandung dilahan tersebut, sehingga siklus hara berlangsung dengan sempurna, hal tersebut menyebabkan unsur hara lebih tersedia dan mudah diserap oleh tanaman.

Apabila Anda kesulitan mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan BOOSLEM silakan klik halaman berikut : http://bppindonesia.com/produk/

31 thoughts on “Booslem V3

  1. suyudi

    apa itu booslem bagus, saya tertarik… tapi blm bgt jelas…… , apakah juga ada petunjuk takaran dan bahan untuk formulanya membuat microba ini…

  2. ceko

    Ok alat ini menarik,cuma bagai mana kalo kita pengen membeli dalam kemasan yang siap pakai sedangkan pupuk tersebut akan lebih efektif langsung dipakai setelah di produksi.maksudnya kita tingal beli aja,apakah kwalitas nya masih sama ?Dan apa bedanya dengan product yang lain .

    1. BPP Indonesia Post author

      Hasil booslem (boosleman) sebaiknya diaplikasikan sesegera mungkin (maksimal 3 hari) karena dikhawatirkan mikroba yang telah dikembangbiakan akan kembali dorman (tidur), sehingga tidak ada produk boosleman yang dijual dalam bentuk kemasan pupuk organik cair. kalau yang diharapkan hanya nutrisi organik/unorganik saja (tanpa mikroba aktif), boosleman bisa di simpan dalam waktu yang lama.

    1. BPP Indonesia Post author

      Boosleman tidak bisa menggantikan pupuk kandang, hanya menjadikan pupuk kandang lebih cepat terurai menjadi unsur-unsur yang siap diserap tanaman dan lebih ke menciptakan ekosistem tanah yang sehat. Penggunaan pupuk kimia unorganik terus menerus bisa menyebabkan tanah tidak sehat dan booslem dengan kandungan mikroba aktifnya bisa mengembalikan kesehatan tanah.

  3. aban

    Jenis mikrobia apa saja yang hidupnya secara AEROB dan dimanakah saya bisa memperoleh jenis mikrobia tersebut yang terdekat dengan lingkungan kita?

    1. BPP Indonesia Post author

      Kang Aban: banyak sekali jenis mikroba Aerob yg ada di alam semesta ini, tidak bisa disebutkan semuanya satu persatu. Hanya yg kita kembangkan di BPPI ini diantaranya : kelompok PGPR ada Azotobacter, Bacillus sp., Pseudomonas sp., Azospirillum, Burkholderia, Klebsiella; kelompok decomposer ada Trichoderma, Geobacillus, Streptomyces; kelompok biofungisida ada Bacillus subtilis, Pseudomonas flourescens; kelompok bioinsectisida ada Bacillus thuringiensis, Serratia marcescens.
      Ada beberapa teknik yang bisa dipakai oleh awam untuk menangkap mikroba dari alam yg ada di sekitar kita, tapi hasilnya tidak pasti, tidak terukur, perlu orang yg ahli dan punya peralatan laboratorium untuk benar2 mendapatkan jenis mikroba tertentu. Di BPPI disarankan untuk membeli saja isolat mikrobanya (yg sudah pasti teruji di lab) lalu kita kembangbiakan dengan alat sederhana BOOSLEM.

  4. Zhe

    Om, saya tertarik mempunyai alat ini, namun saya tidak mempunyai waktu untuk pembuatanya. Adakah yang jual BOOSLEM 20liter? terima kasih sebelumnya

  5. Adlin

    Pak, saya mau tanya, klau isolat mikrobanya bisa beli dimana ? apa ada di toko pertanian ? dan jenis mikroba yang cocok untuk tanah dataran tinggi sepeti di karo- Sumut jenis apa ya ? mohon bimbingannya .

  6. BPP Indonesia Post author

    Zhe & Adlin, untuk mendapatkan peralatan booslem dan bahan2nya bisa menghubungi BPPI pusat atau perwakilan masing2 daerah terdekat. Berikut daftar alamatnya:
    http://bppindonesia.com/kontak-kami/
    Untuk mikroba2 yg dijelaskan diatas cocok untuk semua jenis tanah di manapun, yg membedakan hanya fungsinya masing2.

  7. taufik

    Salam . booslem apakah hnya untuk tan yg dibudidayakan dg organik. misal diterapkan pada tanaman yg masih memakai pupuk kimia dan pstisida apakah tetap efektif ?

    1. BPP Indonesia Post author

      Booslem sangat bisa diaplikasikan untuk tanaman yang menggunakan pupuk kimia, justru dianjurkan karena dengan tambahan booslem, tanah yg kurang sehat akibat penggunaan pukim terus menerus, sedikit demi sedikit akan sehat kembali akibat aktivitas mikroba. Tetapi memang harus tetap ditambahkan bahan2 organik sebagai makanan mikroba tersebut. Penggunaan booslem bisa mengurangi pemakaian pukim sampai 20%, meskipun ada beberapa teman BPPI yg sudah bisa 0% pukim, hanya menggunakan pupuk organik dan booslem saja. Untuk pestisida, dianjurkan menggunakan Boosleman Bioinsectisida dan Biofungisida terlebih dahulu, kalau masih tidak bisa ditangani, baru dipersilahkan menggunakan pestisida kimia sesuai anjuran.

  8. Adlin

    pohon jeruk saya berumur 9 bulan, ada sebagian sudah terserang penyakit, pinggiran daun mudanya berwarna kuning dan ada yang seperti terbakar, selain untuk mengatasi penyakit ini (perkiraan saya terserang kutu) saya ingin menyuburkan tanah kebun saya yang sudah lama tidak terawat (pernah di pakai untuk tanaman cabe, jeruk dll tapi sudah 4 tahun tak di urus lagi namun tanaman jeruk yang lama masih ada) .untuk itu resep booslem apa yang harus saya gunakan ? mohon bimbingannya ..

    1. BPP Indonesia Post author

      Halo Adlin….inilah fungsi utama Booslem, menyehatkan kembali tanah sehingga tanaman juga menjadi sehat. Pemakaian pukim terus menerus menyebabkan tanah tidak sehat, mikroba menguntungkan berkurang populasinya di tanah, sehingga kemampuan tanaman menyerap unsur hara berkurang. Booslem berusaha mengembalikan tanah dan ekosistemnya sehat dengan menambahkan pasukan mikroba menguntungkan.
      Untuk tanah yang rusak, sebaiknya gunakan resep booslem dengan semua isolat diaplikasikan bergantian. Isolat decomposer untuk menguraikan bahan2 organik dan mencegah layu bakteri, Isolat NPK hayati untuk membantu mengefektifkan penyerapan NPK di tanah, Isolat biofungisida untuk mencegah jamur dengan mengkolonisasi akar, Isolat Bioinsektisida untuk mencegah serangan insect. Kesemua mikroba tersebut akan mendominasi lingkungan tanah dan perakaran sehingga mikroba jahat (patogen) akan berkurang.

    1. BPP Indonesia Post author

      Hai Basuki….. Aerator wajib dalam alat booslem, fungsinya untuk menambahkan oksigen ke dalam larutan dan juga membuat pusaran air, karena yang akan dikembangbiakan adalah mikroba aerob yang bisa berkembangbiak bila ada oksigen. Aerator termurah berkisar 30-35rb, sangat murah bila dibandingkan dengan hasil yang akan diberikan.

  9. adlin

    Thanks bppi atas penjelasannya, tapi saya mw tanya lgi bolehkan mas… brapa lama jarak waktu bergantian setiap aplikasi isolatnya.gimana ya caranya utk bisa dpt daftar harga semua produk bppi … udh nggak sabar nih pengen liat tanaman jeruk saya berbuah lebat n besar2, harus optimis.. horas…

    1. BPP Indonesia Post author

      Beda, kalau Booslem adalah alat untuk mengembangbiakan mikroba aerob (memerlukan oksigen), sedangkan EM4 adalah pupuk cair yang mengandung unsur hara makro-mikro dan mikroba yg umumnya anaerob (tidak memerlukan oksigen).

  10. Urban harvest

    Salam sejahtera dari malaysia.tuan,sy berminat dengan teknologi pembuatan mikrobs aerobic yg tuan telah bina.bolehkah tuan berkongsi SOP teknologi dan bahan-bahan yang tuan praktikan?

    Terima kasih.

  11. HERRY KURNIAWAN SEMBIRING

    Salam Pak.. Bagaimana aplikasi hasil booslem kepada kotoran sapi yang hendak dikomposkan?

    Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published.