Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

BULAI JAGUNG (Kupas tuntas seputar BULAI jagung hasil diskusi dari Grup FB)



bulai jagung1Tanya :Dadang Sulistiyo bulai jagung ra ngerti kang apa itu?

Jawab :John Alfan Bulai / Putihen / DMI ( Downey Mildew ).

Joko Pupuk Bukan jamur mas tp virus dr akar tumbuhan dpt dilihat gejalanya berwarna merah yg asli putih tulang.

Kang Warso Jenis patogen cendawan, nama latin Peronosclerospora maydis. Perkembangan penyakit akibat interaksi patogen-tanaman-lingkungan (segitiga penyakit).

Khamim Asy’ari Penyakit bulai pada jagung disebabkan oleh cendawan Schlerospora maydis. Cendawan ini merupakan endopatogen dan gejala penyakitnya bersifat sistemik.
Karena merupakan endopatogen, dan bersifat sistemik maka tanaman yg sdh tertular dan menunjukkan gejala serangan tidak akan bisa sembuh. Upaya pengendalain dg tindakan responsif tdk akan memberikan hasil yang baik. Maka tindakan pre emptif merupakan cara pengendalian yang bisa memberikan hasil yg maksimal.

Joko Pupuk Wabah bulai bisa tertular lewat irigasi sawah,udara,atau mungkin dr bawaan yg kita blm mengetahuinya?krn sifat bulai itu sistemik seperti yg disampaikan bpk khamim

Farid Agus Prianto Di dalam tanah jamur peronoschlerospora maydis sudah ada.. Jika tdak ada faktor pendukungnya…maka jamur ini tdak akan berkembang…tpi jika ada faktor pendukung maka akan berkembang dgan sangat pesat….

Tanya :Kiki Azzuhro cara ngatasi pripun Kang Warso?

Jawab :Eko Budi Andriyanto Pathogen bulai adalah parasit obligat hampir seperti virus dia hnya hidup d jaringan yg hidup.maka dr itu bulai tidak bs d tularkan secara invitro.tp bs di tularkan dngan cr penanaman berdampingan dng tanaman terserang. Selain itu aktifnya pathogen bulai pada saat jam 11 mlm hingga jam 3 pagi. Cara mngetahuinya,d bwh daun ada embun dan bs di dapat masa spora pada jam2 itu. Penangan yg terbaik saat ini:
1. Kimiawi:
a. Seed treatment,untuk thn 2014 ini strain yg ada adalah kembali lagi srperti saat tahun 2009-2010.sehingga demetomorf yg paling bisa menekan perkmbang biakan. Fenamidon dan metalaksil sdh berlalu masa khasiatnya (mgkin krn strain kmbali ke masa lalu)
b. Penyemptotan berselang,usia 10,20,30,40 HST krn ada fenomena umur 47 HST msh ada serangan.
C. Jika sdh ada serangan,aplikasi yg paling efektif d antara jam 11 mlm hingga jam 3 pagi. Krn pd saat jam 4 pagi embun sdh mulai mengering yg tandanya pathogen sdh penetrasi.
2. Biofungisida:
Gunakan trichoderma,pada saat perendaman benih dan penyemprotan. Biofungi ini efektif dan efisien,dia bs sangat berkembang d bahan organik yg tersedia.kita tinggal tidur,dia ttp bekerja untuk kita. Saran aplikasi pada sore hari,semakin sore semakin baik.

Eko Budi Andriyanto Tambahan jangan gunakan urea atau za pd pupuk pertama dan kedua.hnya gunakan phonska,tambahkan kcl agar dinding sel menebal. Lalu JANGAN PERNAH MENCAMPUR FUNGISIDA DENGAN PUPUK DAUN SAAT PENANGGULANGAN BULAI

Eko Budi Andriyanto Za ada unsur N yg lbh tinggi dari pada phonska,mmng di phonska juga ada N tp diimbangi dng K yg sama. N d kasus ini akan membuat sel sukulen sehingga lbh bs d tembus pathogennya. Maka dari itu saran pupuknya,
I. Phonska dan kcl
II. Phonska
III.urea atau za
Klo msh bingung knp urea d taruh d akhir,bs baca pertumbuhan dan perkembmagn jagung,dan apa yg d butuhkan bpk.

Eko Budi Andriyanto Intinya d pertnaman kita jika d ukur dng soil tester pasti kebanyakan N nya yg tinggi. P dan K nya rendah. Klo menurut literatur perbandingan yg baik untuk jagung N:P:K adalah 2:1:1,5 dng total pupuk sktar 800-900kg per ha dalam satu musim. Jd tinggal itung aja klo sp36 P nya brp %,za brp,dan kcl brp…

Muh Zubaidi Berarti intinya kan ini to pak, pemupukan 2:1:1,5. Bkn jangan menggunakan urea atau za.. Hehehe. Iya itu pak saya masih bingung pemupukan terakir… Mohon lbh diperjelas pak.

Eko Budi Andriyanto Ya pak bener.cmn lbh gampangnya awal pakai phonska dan kcl,lalu k dua phonska,dan akhir urea.jd mlh urea yg d akhir,krn klo lht karakternya dan kebutuhannya urea pas d aplikasikan saat akhir.
I. Phonska 300kg dan kcl 105kg umur 0-4hst
II. Phonska 250kg umur 15-20hst
III.urea 200kg umur 30-35hst

Kang Warso Saya bantu untuk konversi itungan npk 2:1:1,5. Total 800 kg/ha. Jadi 355 kg N, 177 kg P, dan 266 kg K. Ini mungkin sudah bentuk urea, sp36, dan kcl ya pak eko?

Muh Zubaidi Maaf lagi lo pak,.. Krn setau saya kok kebalik,.. La mungkin ini pengembangan pemupukan.. Mohon pencerahannya.

Eko Budi Andriyanto Muh zubaidi, intinya pd saat jagung umur 30-45 dia bnyak2nya butuk K,klo budaya kita pupuk urea d awal dan K d akhir maka hal itu tdk tetpenuhi. Krn apa K adalah slow release(25-30hari) jd malah K harus d jadikan pupuk pertama atau dasar….

Joko Pupuk Kiki azzuhro.sebelum tanam jagung diseterilkan lahan terlebih dahulu.

Kiki Azzuhro streilisasi lhan carane piye kang Joko Pupuk?

Joko Pupuk Sterilisasi lahan sangat berpengaruh untuk mencegah wabah bulai.biasanya bulai menyerang tanaman jagung saat posisi lahan agak basah dan temperatur cuaca dingin.posisi seperti ini perlu diwaspadai.

Joko Pupuk Kiki azzuhro–Sterilisasi lahan dpt mengunakan penyemprotan dekomposer pd lahan atau membakar jerami yg sudah kering.

Muh Zubaidi Kondisi agak basah apa lembab pak Joko Pupukpupuk? Kalo basah ditempat saya malah musim ini dg catatan kekurangan air bisa dibilang kering, tp malah banyak yg bulai.

Joko Pupuk Muh zubaidi– posisi lahan basah/lembab sama saja pak.jka kondisi lahan seperti yg sudah bpk sampaikan kok masih terjangkit mungkin bisa disekitar lahan bpk ada yg sudah terjangkit terlebih dahulu atau mungkin setelah terjadi bekas bulai lahan kembali ditanami lagi?

Muh Zubaidi Iya e pak, ditempat saya khususnya lahan hutan hanya bisa ditanami 2x jagung. Biasanya setelah panen rumput atau bekas btg jagung dibabat dan dibakar ditempat.. Emang lahannya ya itu2 ja pak Joko Pupuk… Gak punya lahan laen..

Joko Pupuk Muh zubaidi–langkah bpk sudah benar dgn membakar bekas tanaman sebelumnya yg terjangkit bulai atau blm terjangkit.

Joko Pupuk Sekedar tambahan.jika tanaman jagung sudah terjangkit bulai usahan bekas tanaman bulai jgn di daur ulang dilahan,lebih baik dikluarkan dr lahan atau dibakar,sebagai pencegah awal musim tanam berikutnya.

Lintasan Robbani aq pnah tanam jagung, tp alhamdulillah jarang yg bule, paling gk ada 2%, sdangkan pnya tetangga buanyak bngt, bhkan tdk sdkt yg d rombak.. mgkn slaen krna prtolongan Alloh lwt ilmu warisan dr simbah.. Kata simbah, kuncinya ada pda pengeringan bibit jagung.. Kalo bibit jagung tsb bnr2 kering, insya’Allah tdk rawan bule atau pun jamur upas..

Lintasan Robbani jarak wktu tanam antara tanaman sblmnya jga tlg d perhitungkan..

Lintasan Robbani jngan hbis panen padi, 2-3 hr lgsg d tanami jagung.. Biarkan lahan trkna sinar mthri dulu sktr 1-2minggu, br d tanami jagung.

Midilostinfo ok. sya pake bisi 18, kondisi tanah ber padas sedikit pasir, tanam secara TOT (tanpa olah tanah) sbb setelah tanam padi langsung tanam jagung. sblm tanam benih d campur consento 1 btl utk 4kg benih jagung. hanya itu yg sya praktekkan.

Midilostinfo pengairan jg de irigasi padahal d sekitar banyak yg kena bulai apalgi d utara lahan sya sdh tanam 2x, sya sarankan aplikasi ini gk mau.

Midilostinfo jngn lupa umur 10hr d semprot nordox npk daun

Muh Zubaidi Kondisi tanahnya gmn pak Midilostinfo? Atau lahan bekas tanaman jagung yg pernah keserang bulai?

Midilostinfo pak muh. tanah setelah tanam padi. d atas sdh sy jelaskan.

Tanya :Joko Pupuk Langkah awal penanggulangan pd bibit jagung seblm ditanam.mohon didiskusikan.

Jawab :Eko Budi Andriyanto Acrobat atau demorf….1kg benih 5g.klo bs d tambah piraclostrobin (cabrio) 2ml/kg. Eko Budi Andriyanto Numpang lewat lg. Klo seed treatment yg buat down vigor adlh fenamidon. Sy sdh research d kediri,jmber,lumajang dan mlng. Dan alhamdulillah bs mngatasi. Kbtln sy jg team research suatu perusahaan….jd yg sy share adlh best practice. Sdh ad buktinya mknya wani ngeshare. Klo mslh pupuk ga d tutup,gulma bnyk itu g ad pngaruhnya k bulai. Pernah tau g antara jagung yg bnyk gulmanya hingga jagunge stress tp g keserang bulai?ini brkaitan dng sukulennya sel.

Farid Agus Prianto banyak digunakan seed treatment yang bsa diaplikasikan pada benih jagung….banyak perusahaan yang mengenalkan obat dll…..tapi kadang antara satu dengan lokasi yang lain tidak sama…contoh seperti di ponorogo menggunakan product BASF, BAYER, DGW bisa mengendalikan Bulai…akan tetapi jika kita bawa ke daerah yang maindet bulai seperti di kota kediri, maka obat2 ini tidak begitu berfungsi…..karena tingkat serangan bulai daerah satu dengan yang lain tidak sama….

Midilostinfo ikutan…kmrn pnyaku sebelum tanam tak campur consento / 30rb, aman dr bulai.

John Alfan Kang midilostinfo# bisa juga di campur gauco si consentonya.

Sigit Widianto pakai seed treatment BA Dimetomorf 60% ato Metalaksil. murah meriah dan sudah saya coba berhasil.

Tanya :Kang Warso Ketahanan genetik sangat berpengaruh, yg punya pengalaman monggo di share. Pemilihan varietas tahan merupakan salah satu metode pengendalian.

Jawab:Heriqroen Satriabiru Aremania sebenarnya ada tanaman jgung yg dari pembibitannya sdh endemik bulai.tpi gak berani nyebutin merk dan jenis.takut melanggar aturan.

Khamim Asy’ari Kang Heriqroen, informasi ini sebetulnya sangat perlu disebarkan kpd petani jagung, agar tdk menjadi korban perusahaan benih yg sdh sangat sadia menghisap kekuatan ekonomi petani yg sdh kering. Salah satu yg harus sangat diperhatikan adalah bahwa penyakit bulai bersifat seedborn. Terbawa benih. Dari indukmya sdh tertular, ttp mungkin hingga saat panen belum menunjukkan gejala penyakitnya. Kalo susah begini, apapun upaya yg dilakukan pasti sia-sia

Tanya :Wasis Hadi Pranoto Bpk” apakah bercak daun batang busuk dan berjamur termasuk bulai?

Jawab :Joko Pupuk Wasis hadi pranoto–bukan pk.mungkin temen2 punya file tanaman jagung bulai,tolong tunjukin kawanku??

John Alfan Ciri cirine bule daune ada strip warna kuning dan didaun bag bwh ada sesuatu seperti tepung warna putih.

2 thoughts on “BULAI JAGUNG (Kupas tuntas seputar BULAI jagung hasil diskusi dari Grup FB)

  1. lali jiwo

    tempat sya skrg lg musim kmarau,tp bulai tetep menyerang. . Pdhal tnah kering, ,”apkh bulai it menular pak,dan bgmana menangani bulai pd wkt jgung berumur udah 30hari

    1. BPP Indonesia Post author

      bulai menular, penularannya melalui angin, kondisi tanaman yg lemah (akibat kekeringan) memperparah serangan. Jika sudah ada yg terkena bulai, harus segera dicabut dan dibakar agar tidak menular ke tanaman yg lain. Setelah itu lakukan penyemprotan dg fungisida bahan aktif metalaksil, famoksadon, atau benomyl.

Leave a Reply

Your email address will not be published.