Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Fermentasi URIN



Urine-s-RabbitCARA FERMENTASI URIN versi BPPI

BAHAN :

1. Urine 15 liter.
2. Molase/gula merah 2 liter.
3. Boosleman NPK hayati 2 liter.
4. Air kelapa 5 liter.
5. Air cucian beras 5 liter.
6. Susu formula BATITA 20 gram (opsional).
7. Madu 20 ml (opsional).

CARA MEMBUAT :

Buat BOOSLEMan NPK Hayati (isolat NPK Hayati + Shrimp Juice + Zeomite)
Masukkan semua bahan dalam jerigen, tutup rapat.
Fermentasi minimal 2 minggu. buka tutup dan aduk setiap hari.
Fermentasi berhasil jika sudah tidak berbau urin, dan aroma khas fermentasi.

CARA PENGGUNAAN :

Dosis semprot 250 ml per 1 tangki 15 liter

 

Tanya Jawab:

Muhamadrizki Hamdan pak mau tanya molase itu seperti apa ya pak. Maz Taufiq klo gk salah molase itu sari tetes tebu pak… atau biasa d.sebut gula tetes… sperti kecap tp lebih kental.

Pecel Lele Caknot isolat itu apa Ya mas? Tedy Cirotan Kalo gak ada molase bisa juga diganti dg gula merah ato putih, dicairkan atau dicampur air, tapi jatohnya lebih mahal. Isolat itu biang mikroba.

Hendri Duank kalau g ada air kelapa bisa diganti apa om?trus cucian berasnya direbus dl g? Bimbingan Pupuk Dan Pemupukan Gak perlu direbus kang hendri. Kalo gak ada air kelapa ga pakejugaga masalah.

Andri Kurniawan Mas, ‘air cucian beras 5 liter’ itu airnya yg 5 liter atau berasnya yg 5 liter? Kl air cucian berasnya yg 5 liter, kira2 berasnya berapa kilogram ya biar kualitas air leri-nya bagus? Mksh. Kang Warso @Andri : cuci aja beras 2 kg, pake air 5 liter.

Venti Manampiring Untuk cabe dan tomat, fermentasi urin ini mulai digunakan kapan? Bimbingan Pupuk Dan Pemupukan Paling cepat 2 minggu setelah fermentasi.

Tiara Larasati Bimbingan Pupuk Dan Pemupukan…. Kl pakai urine manusia bs ga? Samakah camourannya…? Bimbingan Pupuk Dan Pemupukan Semua jenis urin bisa mba, sama saja campurannya.

ARdhy Adzca tanpa air kelapa bagus gak? Bimbingan Pupuk Dan Pemupukan Bisa, yg utama adalah urin+ gula+ mikroba. Bahan lain adalah tambahan agar hasilnys lebih bagus.

Wawan Silo isolat npk hayati itu apa pupuk npk ya? Terima kasih. Cak Linkin NPK hayati itu jenis mikroba yang berfungsi menambat N dan mengurai P, K. Jadi bukan NPK sintetik(phonska, mutiara dll).

sumber gambar : http://www.varieart.com/article303-Organic-Fertilizer-of-Urine-s-Rabbit

15 thoughts on “Fermentasi URIN

    1. BPP Indonesia Post author

      Susu curah bisa digunakan, atau bisa juga pakai susu murni segar, tidak disarankan menggunakan susu kental manis.

    1. BPP Indonesia Post author

      kering pinggir daun bisa krn jamur fusarium, hentikan dulu dengan aplikasi fungisida, booslem bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhannya.

    1. BPP Indonesia Post author

      umumnya kelompok mikroba PGPR atau istilah kita (NPK hayati) yaitu Azotobacter, Bacillus sp., Pseudomonas sp., Azospirillum, Burkholderia, Klebsiella

  1. nanang

    Bagaimana dengan tanaman kacang tanah dan singkong, aplikasi idealnya ketika kedua tanaman tersebut umur berapa?? Karena tanaman tumpangsari saya itu sudah berumur 2 minggu, apakah masih bisa menggunakan npk hayati tersebut dan apakah tanaman yg sudah diberi npk sintetik(phonska) juga tidak apa apa apabila di beri npk hayati? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.