Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Mikoriza



Mycorrhizal_root_tips_(amanita)by Khamim Asy’ari 

Mikorhiza adalah cendawan perakaran yang berfungsi membantu perakaran dalam memperoleh air diwaktu kondisi kering, juga mampu menjadikan unsur P lebih tersedia. Bentuknya spt ujung akar halus dan menyambung langsung dengan ujung perakaran.
Daerah perakaran bambu merupakan sumber inokulum yang sangat bagus

Dapat diperbanyak sendiri dengan teknik yang sederhana.
Perhatikan Rumpun bambu pada saat puncak musim kemarau datang. Rumpun bambu yang mampu bertahan paling baik dalam kondisi kering kerontang, disanalah sumber inokulum yang melimpah.

Setelah ketemu rumpun bambu terbaik, ambilah secukupnya. Bisa dua atau tiga zak. Campur dengan kompos (bukan pupuk kandang) dengan perbandingan 1:1 dan diamkan pada tempat yang teduh selama 2 minggu. Setelah itu tebarkan pada tempat yang akan dibuat untuk pembiakan setebal 10 cm. Cangkul dan aduk dengan tanah seperti pengolahan tanah biasa. Usahakan tempatnya merupakan tempat yg bebas dari genangan air meski hujan deras.
Tanamlah jagung spt biasa, dan pada saat tingginya sdh selutut, potonglah daunnya sepanjang 20 cm. dari ujung daun. Pemotongan daun dilakukan setiap seminggu sekali. Setelah tahapan pemotongan selesai, ambil kembali tanah bekas media tanam jagung dan simpan didalam wadah tertutup (zak dg lapisan plastik)
Untuk memastikan tumbuh atau tidaknya mikorhiza, ujikan sampelnya di la\boratorium.

Tanya Jawab :

Adri Aji “Setelah ketemu rumpun bambu terbaik, ambilah secukupnya. Bisa dua atau tiga zak.”yang diambil tanah + akar bambu?Khamim Asy’ariAdri Aji, yg diambil lapisan tanah atas setebal 15-20cm beserta akar yg berada disitu mas.Ahmad Andi Nurohman cara aplikasi ke lahanny gmn abah??wktu aplikasi terbaik di musim apa? Khamim Asy’ariAhmad Andi Nurohman, aplikasinya bisa pada media semai dan dapat pula diinokulasikan pada kompos yang akan digunakan di pertanaman mas. Zulfikri Supriadi Seumpama langsung bikin juglangan di bawah pohon bambu lalu kohe langsung diaduk sama lapisan tanah yang Mas Khamim Asy’ari, sebutkan tadi mungkin tambah simple kali ya biar sekali angkat kalau sudah jadi, gimana ya. Khamim Asy’ari Mbah Zulfikri, ojo di jujuk ngono cah. Prosedur iku ora sembarangan oleh di trabas. Perakaran dan “penyiksaan” jagung itu kunci utama pembiakannya. Ibaratnya itu adalah boosterisasi pembiakan mikorhiza. Roy Albert Sumarauw Setelah tahapan pemotongan selesai, ambil kembali tanah bekas media tanam jagung dan simpan didalam wadah tertutup (zak dg lapisan plastik) ….. tahapan pemotongan selesai…kira-kira berapa minggu atw sampai panen..? Khamim Asy’ariRoy Albert Sumarauw, pemotongan terus dilakukan sampai tanaman jagung pada tahap akhir bang.

Arif Rahman Hakimrekan – rekan… kenapa mikorriza itu mahal sekali ya? padhal kita bisa membuat sendiri…. ada pencerahan. R Dwi Widiyanto gimana cara memperbanyaknya kang Arif Rahman Hakim….Arif Rahman Hakim sangat mudah pak… kita tanam jagung yg telah diinokulasi mikorriza di pot dibunga dan buah lalu dipotong biarkan hingga muncul bunga dan buah dan potong keduanya. dalam masa itu penyiraman dilakukan secara normal. mulai bulan ke 2 jangan disiram pot tsb supaya akar yg telah terinfeksi mikorriza memanjang lalu pada bulan ke 3 potong 3/4 pohon itu agar mati. disinilah miorriza akan tumbuh pesat dan menginfeksi seluruh tanah di pot tsb. setelah itu kita panen mikorriza untuk di inokulasi dengan bibit lain. 1 pot bisa untuk 1 kebun. Kang Warso owalah, beda cara pembiakannya. yg 55 ribu itu mungkin biakan murni. Arif Rahman Hakim mungkin ya pak… biakan murni pak.. tp kita butuh pertanian organik yg murah tp berkualitas. Kang Warso namanya pertanian organik yg murah ya, bikin sendiri apa2 nya, ambili apa yg tersedia. yg dijual itu biarlah utk org2 yg perlu efisiensi.

Sumber gambar : http://id.wikipedia.org/wiki/Mikoriza

Leave a Reply

Your email address will not be published.