Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Penyakit Patek atau Antraknosa



Penyakit Patek atau Antraknosa umumnya menyerang tanaman Cabai, Tomat, dan sejenisnya. Dampaknya penyakit Patek/Antraknosa sangat merugikan  bagi petani karena sulit sekali untuk diatasi.

Gejala penyakit ini ditandai dengan bercak kuning pada buah dan menjadi coklat kehitaman, dan kemudian buah akan melunak serta membusuk.

pathek

PENYEBAB DAN PENULARAN PENYAKIT PATEK / ANTRAKNOSA

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Colletotrichum Capsici dan Gloeosporium Gloeosporiodes.
Pada tanaman Cabai biasanya serangan Colletotrichum Capsici berupa bercak pada bagian tengah buah, sedangkan Gloeosporium Sp. pada bagian ujung buah.
Penularannya melalui benih, udara, serta percikan spora di tanah.

PENGENDALIAN & PENCEGAHAN PENYAKIT PATEK/ANTRAKNOSA

  1. Penggunaan atau pemilihan benih yang sehat
  2. Perlakuan benih (Thiram, Carbendazim, Propamocarb HCl, Metalaksil), perendaman pada air 52 derajat Celcius selama 30 menit.
  3. Peningkatan kekebalan tanaman : aplikasi BOOSLEMAN Bio Fungisida (Bacillus Subtilis, Pseudomonas Flourescens), pemupukan dengan MKP, CaCl2, Potassium Silicate, aplikasi inducer (salisilat, bion-M)
  4. Sanitasi lahan : pembersihan sisa-sisa tanaman sebelum penanaman, pengaturan jarak tanam aman, pembersihan buah terserang penyakit.
  5. Pencegahan dengan penyemprotan fungisida protektan dan sistemik (Amistartop, Folicur, Previcur, Bayleto).

Sumber : BPPI

2 thoughts on “Penyakit Patek atau Antraknosa

  1. Andrew

    Pada waktu tanaman cabai sudah berbuah namun belum matang tanaman dihinggapi semut namun tidak memakan daun maupun buah tetapi di bagian bawah pangkal daun terlihat bercak putih seperti kapas lalu 3-4 hari kemudian daun rontok dengan sendirinya dalam kondisi segar tidak terdapat bekas gigitan serangga sama sekali, bagaimana cara mengatasi hal ini mohon bimbingan?
    terima kasih

    1. bppi

      bercak putih seperti kapas kemungkinan bekas kutu putih, semprotkan insektisida racun kontak dengan penambahan perekat agak tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published.