Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Pupuk Untuk Tanaman Cabe


Anda tertarik untuk menanam Cabe..? Berikut ini merupakan jenis, cara dan dosis aplikasi pupuk untuk budidaya tanaman Cabe.

Pupuk Dasar :

Pupuk kandang matang 20 ton/ha. NPK 100 gram/tanaman, sebar rata di kedalaman 15 cm.

Pupuk Kocoran :

Sampai dengan 30 HST : 2 kg NPK 16-16-16 + 2 kg Nitrabor* + 1 ember cemceman kohe + mikroba. Untuk 200 liter larutan, kocorkan 200 ml/tanaman seminggu sekali.

Di atas 30 HST  (masa pembuahan) : 6 kg NPK Grower + 2 kg Nitrabor + 1 ember cemceman kohe + mikroba. Untuk 20 liter larutan, kocorkan 200 ml/tanaman, dengan jarak 15 cm dari pangkal batang, seminggu sekali. Saat aplikasi pengocoran, larutan jangan sampai terkena daun Cabe.

Mikroba :

Azotobacter, Azospirillum, Bacillus subtilis, Pseudomonas Flourescens, Streptomyces, Trichoderma.

pupuk cabe

Catatan (*) :
Nitrabor : pupuk produksi Yara International ASA (Ukraina) dengan merek Yara Liva Nitrabor, kandungan Ca (25,5%), N (15,5%) dan Boron (0,3%), bentuk granul warna kuning, nama lainnya Hydrokarate plus Boron.

Sumber : Kang Warso

11 thoughts on “Pupuk Untuk Tanaman Cabe

  1. Sulaiman Sembiring

    Cem ceman kohe dimana di peroleh…atau sejenis apakah itu.?
    Mikroba klo digabung dengan pupuk pada kocoran masih berfungsi kah?….mohon pencerahannya….terima kasih …

    1. BPP Indonesia Post author

      Cemceman kohe adalah istilah kami untuk pupuk kotoran hewan yg telah matang. Untuk lebih jelasnya bisa buka artikel berikut
      http://bppindonesia.com/pembenah-tanah-dan-nutrisi-mikroba-dari-bahan-kotoran-hewan-cemceman-kohe/
      Mikroba tidak masalah digabung dengan pupuk anorganik atau pupuk kimia buatan pabrik. Yang umumnya membuat mikroba mati atau tidak berkembangbiak adalah desinfektan mengandung Chlorida atau tembaga ataupun garam dalam konsentrasi tertentu (tinggi).

    1. bppi

      bagus pak, pastikan sudah benar2 matang fermentasinya, dan jangan berlebihan dosis nya. kombinasikan dengan pupuk P dan K seperti MKP

Leave a Reply

Your email address will not be published.