Bimbingan Pupuk dan Pemupukan Indonesia

Trichogramma sp, Si Musuh Alami Penggerek Batang Padi



Trichogramma 2Trichogramma 1

Trichogramma sp merupakan salah satu parasitoid telur penggerek batang padi dengan cara menyerang telur hama penggerek. Sangat efektif, murah dan yang pasti ramah lingkungan. Jarak terbang trichogramma sekitar radius 20m sehingga untuk lahan 1 Hektar dengan bentuk bujursangkar dibutuhkan sekitar 16 pias dan disesuaikan bila bentuk lahan memanjang.

Cara aplikasi :

1. Siapkan telur trichogramma yang biasanya berbentuk pias.

trichogramma telur

2. Pasang pias di lahan dengan cara bagian yang tidak ada telurnya dijepit pakai bambu dan ditutup atau dilindungi gelas plastik bekas kemasan air mineral, atau bisa dengan cara lainnya.

trichogramma pemasangan

3. Pasang pias dengan jarak antar pias sekitar 20m dengan frekuensi pemasangan seminggu sekali, sehingga diperlukan sekitar 8 kali pemasangan per musim.

Trichogramma sp terdiri dari beberapa sub-spesies dan untuk aplikasi pada tanaman disesuaikan dengan jenis tanamannya. Akan lebih baik kalau bibit trichogramma yg akan digunakan sebagai starter diambil dari lingkungan masing-masing. Untuk penggerek batang padi dan penggerek pucuk tebu biasanya menggunakan Trichogramma Japonicum dan untuk penggerek batang tebu menggunakan Trichogramma Chilonis.

Cara mengembangbiakan Trichogramma sp :

Awalnya, tepung jagung dan dedak disangrai (digoreng tanpa menggunakan minyak). Kemudian campuran tersebut diletakkan dalam sebuah toples yang telah diisi oleh hama gudang. Setelah enam minggu dengan hama gudang, imagonya akan keluar. Imago adalah semacam kupu-kupu kecil yang lebih dikenal dengan keper.

Keper kemudian dimasukkan ke dalam sebuah tabung silinder. Dua atau tiga hari kemudian, keper itu akan bertelur. Tahap selanjutnya yakni mencari telur hama pengerek batang padi. Telur hama itu diletakkan dalam tabung.

Dalam dua hari, tabung berisi telur hama itu akan dipenuhi hama. Ada beragam hama, ada trichogramma dan jenis hama lain. Trichogramma pun, sebenarnya juga merupakan hama.

Tahap selanjutnya, pada tabung yang dipenuhi hama itu, dimasukkan telur keper. Di sini, hama yang bukan trichogramma akan mati karena tidak mempunyai makanan. Proses ini dinamakan parasitasi trichogramma. Selanjutnya, trichogramma telah siap diaplikasikan di lahan pertanian.

Sumber : Khamim Asy’ari dan Rifan Khomsah dan Sugeng Mw

http://jawapos.com/radar/index.php?act=detail&

2 thoughts on “Trichogramma sp, Si Musuh Alami Penggerek Batang Padi

Leave a Reply

Your email address will not be published.